Mendapatkan Informasi dengan Mudah dan Cepat
Beli Tema IniIndeks

Rahasia Enaknya Pepes Bandeng Presto yang Menggoyang Lidah

pepes bandeng presto
banner 120x600

Inilah Sejarah dan Asal-Usul Pepes Bandeng Presto yang Harus Kamu Tahu

Pepes bandeng presto merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang sangat terkenal di kalangan pecinta kuliner. Makanan ini terbuat dari ikan bandeng yang dipresto terlebih dahulu sebelum dibumbui dengan bumbu rempah khas Indonesia dan dikukus dalam daun pisang. Pepes bandeng presto memiliki rasa yang sangat lezat dan gurih, serta aromanya yang khas.

pepes bandeng presto

Asal usul dari pepes bandeng presto berasal dari Jawa Barat, terutama daerah Cirebon. Makanan ini berasal dari tradisi memasak ikan dengan cara presto yang telah lama dilakukan oleh masyarakat Cirebon. Presto adalah sebuah teknik memasak yang menggunakan tekanan tinggi untuk mempercepat proses memasak, sehingga ikan bandeng yang biasanya butuh waktu lama untuk dimasak, dapat dimasak dengan waktu yang lebih singkat dan hasilnya menjadi empuk serta mudah dikunyah.

Seiring berjalannya waktu, masyarakat Cirebon mulai menambahkan bumbu rempah dan cara pengukusan menggunakan daun pisang untuk memberikan rasa yang lebih nikmat pada ikan presto tersebut. Dan akhirnya, lahirlah pepes bandeng presto yang sekarang sudah menjadi makanan khas yang terkenal di seluruh Indonesia.

Kini, pepes bandeng presto menjadi salah satu makanan favorit bagi masyarakat Indonesia dan menjadi andalan restoran-restoran Indonesia yang ingin menyajikan makanan khas Indonesia. Jika Anda ingin mencoba membuat pepes bandeng presto di rumah, carilah ikan bandeng yang segar dan berkualitas, ikuti langkah-langkah memasak dengan benar, serta tambahkan bumbu rempah yang pas agar mendapatkan rasa yang lezat dan menggoyang lidah.

BACA JUGA   Membuat Makanan Ayam Kalkun Resep Enak yang Mudah Dibuat

Makanan ini sangat populer dan menjadi favorit bagi banyak orang karena memiliki rasa yang sangat enak dan menggoyang lidah. Jika Anda ingin membuat Pepes Bandeng Presto di rumah, berikut adalah resep dan cara memasaknya yang bisa Anda ikuti.

Bahan-bahan yang dibutuhkan pepes ikan bandeng presto

  • 1 ekor ikan bandeng ukuran sedang
  • 10 lembar daun pisang
  • 3 lembar daun jeruk purut
  • 2 batang serai, memarkan
  • 3 lembar daun salam
  • 3 buah cabai merah, iris tipis
  • 2 buah cabai hijau, iris tipis
  • 4 siung bawang merah, iris tipis
  • 3 siung bawang putih, iris tipis
  • 2 ruas jari jahe, iris tipis
  • 2 ruas jari lengkuas, iris tipis
  • 1 sendok makan air jeruk nipis
  • 2 sendok makan minyak goreng
  • Garam secukupnya

Cara membuat pepes bandeng presto

  1. Pertama-tama, bersihkan ikan bandeng dengan baik dan buang isi perutnya. Kemudian, potong ikan menjadi beberapa bagian dan sisihkan.
  2. Haluskan bawang merah, bawang putih, jahe, dan lengkuas. Tumis bumbu halus bersama dengan daun salam, daun jeruk purut, dan serai yang telah dimemarkan hingga harum.
  3. Masukkan irisan cabai merah dan hijau ke dalam tumisan bumbu, aduk rata. Tambahkan garam secukupnya dan air jeruk nipis, aduk kembali.
  4. Letakkan potongan ikan bandeng di atas daun pisang yang telah dipotong-potong. Siramkan bumbu tumis ke atas ikan bandeng, lalu bungkus erat-erat menggunakan daun pisang.
  5. Siapkan panci presto, masukkan air ke dalamnya dan panaskan hingga mendidih. Masukkan bungkusan pepes bandeng presto ke dalam panci presto, masak selama kurang lebih 45-60 menit dengan api kecil.
  6. Setelah matang, angkat bungkusan pepes bandeng presto dari panci presto. Buka daun pisangnya, kemudian panggang pepes bandeng presto di atas bara api atau grill hingga harum dan matang.
BACA JUGA   Resep Sayur Lodeh Pedas yang Cocok untuk Pecinta Cabai

Itulah resep dan cara membuat Pepes Bandeng Presto yang enak dan menggoyang lidah. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda bisa membuat makanan yang sama enaknya dengan yang dijual di restoran.

Pepes Bandeng Presto ala Rumahan yang Gampang Dibuat untuk Keluarga

Selain menggugah selera, pepes bandeng presto juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Yuk, cobain resepnya di rumah!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *